Kamis, 26 Mei 2011

Teknologi Generasi ke - 2 ( 2.5 G )

Generasi 2.5G merupakan pengembangan dari 2G. 2.5G mengaktifkan layanan kecepatan transfer data melalui jaringan 2G yang sudah ditingkatkan. Pengembangan teknologi 2.5G menghasilkan teknologi GPRS ( General Packet Radio Service ) , HSCSD ( High Speed Circuit Switched Data ), WiDEN ( Wideband Integrated Digital Enhanced Network ).
A. GPRS
GPRS merupakan teknologi koneksi yang digunakan oleh Handphone untuk jalur internet. GPRS memberikan fasilitas untuk email, MMS ( Multimedia Message Service ), WAP ( Wireless Application Protocol ) ,WWW ( World Wide Web ). Secara teori GPRS memberikan kecepatan akses data antara 56Kbps - 115Kbps. GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip "Tunnelling".
GPRS menggunakan sistem komunikasi Packet Switch sebagai cara untuk mentransmisikan datanya. Packet Switch adalah sebuah sistem di mana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil ( paket ) lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula. Sistem ini dapat mentransmisikan ribuan paket per detik. Transmisi dilakukan melalui PLMN ( Public Land Mobile Network ) dengan menggunakan IP seperti 0806364xxx. Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya alses GPRS, secara teori akan lebih murah daripada biaya akses CSD ( Circuit Switch Data ). GPRS didesain untuk menyediakan layanan transfer packet data pada jaringan GSM dengan kecepatan yang lebih baik dari pada GSM. Kecepatan yang lebih baik ini didapat dengan menggunakan coding scheme ( CS ) yang berbeda dengan GSM.
Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah:

§  GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, network screening, user screening, address mapping.
§  SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.
§  PCU : komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS
B. HSCSD ( High Speed Circiut Switched Data )
HSCSD adalah perangkat tambahan untuk Circuit Switch Data (CSD), mekanisme tranmisi data asli dari GSM 
empat kali lebih cepat dari GSM, dengan kecepatan data sampai 38,4 Kbps. Channel alokasi dilakukan di circuit-switched mode, seperti CSD. kecepatan yang lebih tinggi dicapai sebagai hasil dari metode coding unggul, dan kemampuan untuk menggunakan beberapa slot waktu untuk meningkatkan throughput data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar