Rabu, 25 Mei 2011

Riwayat Generasi "G"



Huruf “ G ” yang menggambarkan teknologi yang sering kita dengar berarti "Generasi", jadi ketika anda mendengar ada orang yang berbicara mengenai jaringan 4G, maka itu artinya mereka sedang membicarakan mengenai jaringan wireless berbasis pada teknologi jaringan generasi ke 4. 

Agar lebih faham mari kita telusuri dari generasi ke-0 atau awal dari teknologi komunikasi dimulai, diteruskan generasi pertama (1G) dimana ponsel benar-benar disebut ponsel, tidak disebut ponsel pintar (smart phone) atau ponsel bodoh, atau ponsel super atau apapun itu. yang pasti mereka akan terlihat menonjol di saku anda.

Mereka sangat sederhana hanya digunakan untuk menelfon saja. tidak ada yang lain, tidak ada fitur jejaring sosial, tidak membutuhkan flash player 10.1 tidak ada yang mengupload hasil jepretan kamera 5 Mega Pixel ke filcker dan mereka tidak berubah menjadi hotspot nirkabel yang bisa menghubungkan beberapa ponsel lainnya ke internet.
Teknologi sekarang sudah sangat maju dan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA adalah generasinya. GPRS adalah generasi pertamanya disusul dengan Edge dengan memberikan layanan agak cepat lalu 3G dengan menghadirkan layanan tercepat dan akhirnya hadir teknologi 3.5G menyingkirkan semua dengan menghadirkan layanan sangat cepat untuk mengakses data. Sekarang telah hadir tekonologi 4G yang mendukung beberapa device mobile yang sangat populer saat ini.

Berikut Perjalanan Generasi "G" :
  1. 0G - Mobile radio telephone ini merupakan teknologi telepon selular modern permulaan 
  2. 1G - Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps
  3. 2G - Digital narrowband circuit data (GSM, CDMA) 9-14.4 kbps
  4. 2.5G - Packet data onto a 2G network (GPRS, EDGE) 20-100 kpbs
  5. 3G - Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) 500-700 kbps
  6. 3.5G - Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps
  7. 4G - Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE) 100M - 1 Gbps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar